Monday, May 5, 2008

Menurunkan Berat Badan


Awal Juni 2007, saya gemuk sekali. Mungkin karena pola makan yang ga dijaga. Kebetulan waktu tu ada temen kantor, namanya Maghdalena Dumasti (Dumdum) nawarin program diet ke saya. Katanya dia juga ikut program diet tersebut, ke salah satu dokter di Bandung.
Namanya:
dr. Rosalin Sutedjo
Alamatnya:
Jl. Anggrek No. 36 Bandung 40113
Telp. (022) 727 1663, 723 1007.

Awalnya sih saya kurang menanggapi usulan itu. Tapi suatu hari, pas lagi shalat, dada saya sakit skali. Dipikiran saya, wah pasti saya kegemukan, sampai-sampai sakit di bagian dada. Takutnya jantung.
Akhirnya saya memutuskan untuk datang ke dokter tersebut ke kliniknya, namanya “Rochelle Clinic”. Apa salahnya nyoba. Saya datang ke sana setiap hari sabtu pagi, soalnya kerjaan libur.

Sampailah saya di klinik. Sebelumnya saya harus telepon dulu, memastikan saya kebagian jam brapa. Disana saya diharuskan mengisi data-data tentang saya, kemudian ditimbang dan diukur tinggi badan. Ternyata berat saya waktu itu mencapai 85,6 kg. tinggi 170 cm. juga di tensi tekanan darahnya.

Sambil menunggu dipanggil di ruang tunggu. Jujur, pertama-tama sih malu juga soalnya kebanyakan pasiennya cewek ma ibu-ibu. Tapi apa boleh buat, dah ada di sana sih…. Ya udah, lagian saya pingin sehat.

Ngapain ya, sambil nunggu dipanggil. Saya lihat2 iklan di dinding klinik dan baca tentang cara mengukur berat tubuh ideal, kaya rumus gitu dech…., namanya BMI (Body Mass Index)

Bgini rumusnya:

BMI = BB (kg)/TB2 (m2)

Body Mass Index = Berat Badan (kg) di bagi Tinggi Badan Kuadrat (m2)

Klasifikasi BMI:

Normal : 18,5 – 22,9
Overweight : 23.0 – 24,9
Obesity I : 25,0 – 29,9
Obesity II : 30,0 – 34,9
Severe Obesity > 35,0

Diem-diem saya coba itung sendiri klasifikasi BMI saya,

BMI = 85,6 kg / 1,7 kuadrat
= 85,6 / (1,7x1,7)
= 85,6 / 2,89
= 29,62 (Obesity I)

Akhirnya saya pun dipanggil, tapi tidak langsung ke dokternya. Perawatnya memberikan dulu arahan apa yang harus dan tidak dilakukan selama menjalani program ini. Dah itu di foto dech…. Baru masuk ruangan dokter. Sekali masuk ada 10-12 orang.

Dipanggil satu-satu sama dokter, di kasih resep, trus diperiksa perutnya, dah gitu baru deh dipasang jarum kecil di telinga kanan dan kiri, masing masing 3 jarum. Jangan khawatir, ga sakit ko. Dan inget, ini BUKAN susuk loh…., yang pake ajian atau semacamnya, bisa di bilang akupuntur. Jarumnya tetep nempel di telinga dengan di tutup pake tensoplast, untuk seminggu kemudian diganti dengan yang baru. Bayar, trus pulang dech, beli resepnya di apotik. Dan resepnya itu hanya ada di apotik Gandapura. Kata dokternya saya kudu nurunin berat badan saya sampai 65 kg.

Slama 2-3 bulan berikutnya saya rutin ke sana, ternyata yang dating ga Cuma cewek dan ibu2 aj, yang cowok dan bapak2 jg banyak. Kalo di TV sih saya liat, normalnya kalo melakukan diet dengan bener, sebulan turunnya 4 kg. Tapi berhubung saya niat banget buat ngurusin badan, selain ikut program diet itu, saya juga sering olahraga di rumah. Alhamdulillah, hasilnya selama 3 bulan, saya turun kurang lebih 20 kg. Mulai kira-kira tanggal 16 Juni 2007, dan pertengahan September 2007 berat badan saya mencapai 64,4 kg. dan setelah mencapai berat badan ideal, yang dilakukan berikutnya yaitu detoksifikasi.

Saya rasa program tersebut, ga akan berhasil kalo ga ada niat dan motivasi yang kuat dalam diri kita. Soalnya ada juga temen saya yang ikut. Tapi dah nyerah pada minggu-minggu berikutnya. Dan saya punya motivasi agar hidup saya sehat. Soalnya kalo gemuk, katanya rentan akan berbagai penyakit.

Alhamdulillah, sekarang berat badan saya stabil, tapi pernah naik sampai 66 kg, tapi turun lagi ke 65 kg.

9 comments:

  1. halo,boleh tau ga biaya dokter nya brp?obat ma detoks nya jg?

    ReplyDelete
  2. Sekarang c dokter 60rb, daftar 40rb, obat 38rb... Ayoo semangat...qt coba bareng2...

    ReplyDelete
  3. tanya donk,,,skrg almt dokter nya msih di jln anggrek g?skrg biaya nya brp ea?

    ReplyDelete
  4. klo detoksifikasi biaya'y brp bu?ttp pake jarum sm mkn obat ya??
    mksh

    ReplyDelete
  5. Total biaya kira kira berapa ya

    ReplyDelete
  6. alamatnya sekarang di jalan suptraman no 38
    total kira2 230ribu udah termasuk obat (siang dan malam) selama seminggu dan kontrol ke dokter (ganti jarum)

    ReplyDelete
  7. Dokternya masih ads gak y?nama klinik or sosial media nya apa y

    ReplyDelete
  8. masih ada ka Rosalin's Clinic di Bandung sekarang 160rb/minggu biaya konsul belum termasuk obat

    ReplyDelete
  9. Kalau sekarang biaya nya berapa dan saya suka olga renang bisa kah

    ReplyDelete